Minggu, 30 Juni 2013

Berita UN SD 2014 dihapus masih simpang siur


ujian nasional sd
JAKARTA - Penerapan Kurikulum 2013 yang berbasis Tematik Integratif yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014 memberi konsekuensi penghapusan Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar. Dalam Peraturan Pemerintah  pasal 67 ayat 1a PP Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal tadi berbunyi " Ujian Nasional untuk satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar sebagaimana dimaksud ayat (1) dikecualikan untuk SD/MI/SDLB atau bentuk lain yang sederajat.
Akan tetapi ketika ditemui diruang kerjanya kemarin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh belum  memastikan berita tentang penghapusan UN SD tersebut dikarenakan belum dikonvesikan. M.Nuh menjelaskan " untuk penegasan lagi , nanti aturan baru ini kami bawa di konvesi pendidikan "tandanya.
M. Nuh melanjutkan " Masalah UN SD ini belum kita konvesikan. ya sejauh belum dikonvesikan, nanti apakah akan ada atau tidak sementara ini masih akan ada kedepannya".
Konvensi ini merupakan ajang rembuk massal tentang pendidikan yang diprakarsai Kemendikbud untuk mencari jalan tengah atas segala polemik pendidikan nasional, seperti penyelenggaraan UN, penerapan kurikulum  dan sebagainya. Konvensi ini rencananya akan dilangsungkan september mendatang.
Mendikbud menjelaskan penghapusan UN SD ini sejatinya bukan hal yang signifikan. "Sebab SD dan SMP ini sama-sama Pendidikan Dasar (dikdas,red), Meskipun SMP itu menengah tetapi pendidikan dasar"terang mantan rektor ITS itu.
Apabila UN SD ini benar dihapus bagaimana dengan sistem evaluasi akhir.  M.Nuh Menjelaskan bahwa dalam PP tadi yang dihapus adalah UN, namun untuk sistem evaluasi akhir akan tetap ada dan akan dijalankan oleh masing-masing satuan pendidikan hanya saja bukan lagi berbentuk Ujian Nasional dan tidak dikontrol atau dikendalikan Kemendikbud . "Pada Prinsipnya Evaluasi Akhir itu akan tetap ada"tegas Kemendilbud M.Nuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI BLOG SDN 6 MENTENG