Selasa, 07 Mei 2013

Seribu Guru di Palangkaraya Ikut Sosialiasi Ujian Nasional

PALANGKA RAYA - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah dasar (SD) tahun ini baru akan dilaksanakan Mei mendatang, Namun demikian, untuk menguji kemampuan serta mengevaluasi proses belajar mengajar di SDN Percobaan Palangkaraya, sebanyak 137 siswa uji coba (tryout).

Kepala sekolah SDN Percobaan Inalili di sela-sela tryout mengatakan, pihak sekolah sengaja lebih awal melakukan uji coba ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan siswa kelas 6 dalam menghadapi UN yang sebenarnya.

Menurutnya, murid kelas 6 sudah beberapa bulan ini melaksanakan les tambahan disekolah, karena itu perlu di uji coba. Pelaksnaan ujicoba UN ini akan dilakukan sebanyak dua kali.

Pada ujicoba pertama 13-15 Februari ini, kita akan melihat hasilnya dan akan dievaluasi, mana kelemahan yang dialami murib dan mana yang harus diperbaiki guru. Setelah tahu hasilnya pada uji coba pertama ini, kemudian kita kita adakan rapat dengan dewan guru, apakah perlu diberi les tambahan lagi untuk kemudian akan kita ujicobakan lagi yang kedua yang akan dilakukan menjelang pelaksanaan UN, katanya, Senin (13/2).

Uniknya, pelakasnaan tryout yang dilaksanakan di SDN Percobaan ini dilakukan sangat mirip dengan pelaksanaan UN yang sebenarnya. Para siswa kelas 6 yang jumlahnya 137 orang itu diacak tempat duduknya dan ditempatkan dalam 7 ruangan berbeda, dimana dalam 1 ruangan berjumlah 20 orang.

Selain itu siswa juga diwajibkan mengikuti semua persyaratan baik seperti menjawab dengan menggunakan lebar jawaban komputer (LJK), menggunakan pena khusus hingga harus tepat waktu. Selain itu pelajaran yang diujikan juga sama dengan pelaksnaan UN mendatang yakni pada hari pertama matematika, hari kedua IPA dan hari terakhir Bahasa Indonesia.

Tryout ini kami lakukan sama persis seperti saat pelaksanaan UN dan tidak ada bedanya. Kami lakukan ini agar nantinya dengan harapan saat menghadapi UN yang sebenarnya, para siswa tidak tegang dan nervous, karena meraka sudah terbisa, kata Inalili.

Karena itu, Inalili mengharapkan orang tua juga memberikan perhatian dan membimbing putra putrinya untuk tetap semangat belajar di rumah untuk menghadapi persiapan UN.

Target kami dalam UN tahun ajaran 2011/2012 ini harus sama hasilnya pada tahun lalu yakni lulus 100 persen. Karena itu kami sejak awal sudah meniadakan kegiatan ektrakurikuler untuk kelas 6 agar mereka lebih fokusmenghadapi UN, tandasnya.

Sumber: hariantabengan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI BLOG SDN 6 MENTENG